Kolaka, Majalahnusantara.id – Pemerintah Kabupaten Kolaka melakukan rotasi dan penyegaran jabatan struktural. Sebanyak 45 pejabat eselon III resmi dilantik dan diambil sumpah oleh Bupati Kolaka, H. Amri, S.STP., M.Si, dalam acara yang berlangsung di Aula Sasana Praja Kantor Bupati Kolaka, Jumat (22/08/2025).
Dalam arahannya, Bupati Amri menekankan pentingnya loyalitas, integritas, serta profesionalitas para pejabat yang baru dilantik. Ia berharap jajaran baru ini dapat mendukung pelaksanaan kebijakan strategis pemerintah daerah, khususnya yang tertuang dalam RPJMD, serta bekerja maksimal demi tercapainya visi dan misi pembangunan daerah.
“Kekurangan-kekurangan yang ada harus kita perbaiki. Saya sangat berharap kita semua sadar bahwa kita adalah orang-orang yang dipilih, ditunjuk, dan diberi amanah,” tegas Bupati Amri.
Daftar Pejabat yang Dilantik:
1. Dra. Sitti Saenab Abu, MH – Sekretaris Inspektorat Daerah
2. Saritomo, S.Pd., M.Si – Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi
3. Dwi Satharti Sari, S.Sos, M.Si – Sekretaris Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak
4. Syahniah, S.Sos, M.Si – Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan
5. Asyamti Hasri, SH., MAP – Sekretaris Dinas Pariwisata
6. Nursalam, S.Si.Apt – Sekretaris Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana
7. Guntur Suhandoko, S.Pd., MM.Pd – Sekretaris Dinas Sosial
8. Muhammad Ibnu Munsyer Ahmad, S.STP – Camat Watubangga
9. Kosasih, S.Pd., M.AP – Camat Polinggona
10. Muh. Pradana Ismunandar, SSTP, ME – Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda
11. Herlin Maulina Bakry, SE – Kepala Bagian Perekonomian dan SDA Setda
12. Drs. A Dirham Yadi, M.Si – Inspektur Pembantu Wilayah III Inspektorat Daerah
13. Hj. Andi Bone, SH., M.AP – Inspektur Pembantu Khusus Inspektorat Daerah
14. Neneng Wahdaniah, SP – Inspektur Pembantu Wilayah IV Inspektorat Daerah
15. Ulung Chandra Dimuka, SE., M.AP – Inspektur Pembantu Wilayah I Inspektorat Daerah
16. Dedi Tenroaji, SP – Sekretaris Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura
17. Sri Mulyati Rahim, SP., M.Si – Sekretaris Bappeda
18. Mujabar, S.Pd., M.Si – Sekretaris Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman
19. Ir. Agus Andhy, MP – Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan
20. Ihwan Halik, ST., MM – Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang
21. Mohamad Ridwan, S.Kom., ME – Sekretaris BPKAD
22. Akbar Dili, ST., M.AP – Sekretaris Dinas Kepemudaan dan Olahraga
23. Ahmaruddin, S.Pd., M.Ds – Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora
24. Andi Irsan, S.ST – Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial
25. I Made Yuwendra, S.Pd – Kabid Keluarga Berencana DPPKB
26. Novi Andriani, S.STP – Kabid Layanan Kepemudaan Dispora
27. Miswan Setiawan, S.Sos – Kabid Pengembangan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata
28. Syaidiman, A.Md., SH., MH – Kabid Pembinaan dan Pengawasan Kearsipan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan
29. Andi Sahid Azizan Muharram, SH – Kabid Pengelolaan PBB-P2 dan BHTB Bapenda
30. Indrawaty Aggreani, S.Kom., M.AP – Kabid Pengadaan, Pemberhentian, dan Informasi BKPSDM
31. Alamsyah Wirasaputra, S.STP – Kabid Politik Dalam Negeri Bakesbangpol
32. Juniar, ST., MT – Kabid Bina Konstruksi Dinas PUPR
33. Muliati, ST – Kabid Sumber Daya Air Dinas PUPR
34. Muh. Syafruddin Wahid, SE – Kabid Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga DPPKB
35. Hamdani, S.Si – Kabid Pengendalian Penduduk, Penyuluhan dan Penggerakan DPPKB
36. Syahria, S.Si – Kabid Perlindungan Hak Perempuan dan Perlindungan Khusus Anak DP3A
37. Kadek Suarjana, S.Sos – Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah DLH
38. Andi Ardiansyah, SE – Kabid Aset Daerah BPKAD
39. Rini Ernawati, S.Sos – Kasubag Umum dan Kepegawaian BKPSDM
40. Kahar, S.Ag – Lurah Tonganapo, Kecamatan Samaturu
41. Tris Bustanto, MM., SE – Kasubid Pendataan Data dan Penilaian PBB-P2 dan BPHTB Bapenda
42. Fandi Farandi, S.STP – Kasubag Tata Usaha Dinas Sosial
43. La Ode Muhammad Isran Islami, S.STP., MAP – Kasi Pembangunan Masyarakat Desa/Kelurahan Kec. Toari
44. Samsinar, S.Sos – Kasubag Umum dan Kepegawaian DPMD
45. Amrul Siswadi, S.IP – Kasi Pelayanan Umum Kec. Polinggona
Penyegaran Birokrasi untuk Peningkatan Kinerja
Bupati Amri menegaskan bahwa pelantikan ini bukan sekadar penempatan jabatan, melainkan bagian dari strategi meningkatkan kinerja pemerintahan. Pejabat yang dilantik diharapkan mampu bersinergi, menghadirkan inovasi, serta memperkuat pelayanan publik.
“Saya ingin birokrasi Kolaka lebih solid, lebih cepat, dan lebih tanggap dalam menjawab kebutuhan masyarakat,” tandasnya.
Dengan formasi baru ini, Pemkab Kolaka optimis birokrasi akan semakin dinamis dan mampu mendorong percepatan pembangunan di berbagai sektor, sekaligus memperkuat tata kelola pemerintahan yang profesional dan berorientasi pada pelayanan.(nR)



